Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Microsoft Word Beserta Fungsi, Versi dan Sejarah

Pengertian Microsoft Word Beserta Fungsi, Versi dan Sejarah


Pengertian Microsoft Word Beserta Fungsi, Versi dan SejarahSebelum belajar Microsoft Word secara praktik sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu tentang Apa itu Microsoft Word dan sejarahnya. Sehingga kamu mendapatkan gambaran awal untuk mempermudah proses belajar. 

Pengertian Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word Microsoft Word adalah sebuah program atau aplikasi perangkat lunak (software) pengolah kata yang sekarang dikembangkan oleh Microsoft untuk membuat, mengedit dan mencetak sebuah tulisan dalam bentuk softcopy (file) maupun hardcopy (hasil print).

Aplikasi Microsoft Office Word dibuat untuk menggantikan mesin ketik yang lama. Tujuan kami adalah untuk memudahkan kami dalam membuat berbagai jenis dokumen baik untuk keperluan pribadi maupun pekerjaan (bisnis).

Fungsi Microsoft Word

MS Word memiliki 3 fungsi utama yaitu: 
  1. Membuat dokumen. Microsoft Word memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah dokumen harus diawali Dari halaman kosong (blank page). Selain blank page, pengguna juga dapat membuat dokumen Dari templat yang sudah tersedia. Microsoft telah menyediakan beberapa templet dengan desain yang sangat cukup menarik pada software ini. 
  2. Mengedit dokumen. MS Word dapat digunakan untuk mengedit dokumen yang sebelumnya telah tersimpan. Hampir semua format dokumen dapat dibuka pada software ini. 
  3. Mencetak dokumen. MS Word juga dapt digunakan untuk mencetak dokumen melalui printer. software pengolah kata ini dapat memformat teks data sesuai dengan kebutuhan. Hasil cetak yang di keluar dengan pengeditan yang dilakukan di komputer
Software ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuat dokumen. Jenis dokumen yang dapat dibuat di MS Word tercantum di bawah ini.:
  • Surat,
  • Laporan / paper,
  • Proposal,
  • Berita,
  • Brosur,
  • Katalog,
  • Poster,
  • Flyer,
  • Spanduk,
  • Kartu nama,
  • Kartu ucapan,
  • Nota,
  • Kemasan produk,
  • Sertifikat,
  • Dan masih banyak lagi.
Lalu kenapa kita harus menggunakan MS Word setiap kali kita membuat dokumen? karena fitur yang disediakan sangat banyak maka dari situlah ada manfaat yang akan kita dapatkan.

Manfaat dan Keunggulan Microsoft Word

  1. Efektif dalam menyelesaikan pekerjaan. Aplikasi ini membuat mengetik menjadi mudah dan efisien. Jika kita menggunakan mesin tik dan ada kesalahan ketik, Anda akan kesulitan memperbaikinya. Anda harus memulai dari awal apa yang kami tulis. Tidak seperti perangkat lunak lain, kita hanya perlu menghapus ini jika terjadi kesalahan.
  2. Efisiensi dalam menyelesaikan pekerjaan. Ada banyak fitur yang ditawarkan dalam software ini. Fitur-fitur ini dapat membantu Anda mempercepat proses pembuatan dokumen.
  3. Menekan Biaya dan Mendukung era Paperless. Di era modern ini, kertas dapat digantikan dengan file digital. Ini menghemat uang. Belum lagi biaya tinta yang terlibat atau ruang di mana kami mengarsipkan dokumen dan hal-hal lain. Tentu saja, Anda perlu mengeluarkan banyak uang untuk menanganinya, bukan?

Sejarah Microsoft Word

Pada tahun 1981, Ms Word diciptakan oleh Charles Simonyi dan Richard Brodie. Kedua programmer dari Xerox Bravo menciptakan konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get). Mereka kemudian direkrut oleh Bill Gates dan Paul Allen untuk bergabung dengan Microsoft.

Charles Simonyi Penemu Ms Word


Pada tahun 1983, Microsoft Word pertama kali dirilis sebagai MS DOS. Selama empat versi berikutnya, ia menjadi semakin mirip dengan penerusnya, tetapi tidak sesukses pada saat itu. Ms Word untuk Windows pertama kali muncul pada tahun 1989. Kemudian Windows 3.0 dirilis pada tahun 1990.. Software ini menjadi semakin diminati.

Kemudian di tahun 1991 versi 2.0 muncul. Dua tahun setelah rilis versi 6.0, versi baru bernama Ms Word 95 dirilis. Nama tersebut kemudian diubah menjadi Ms Word 97 dan seterusnya. Sampai Microsoft merilis Word 2000 dan Word untuk Office XP, perkembangan perangkat lunak tidak berkembang pesat.

Nama versi perangkat lunak ini masih mengacu pada tahun dirilis hingga 2003, ketika Ms Word 2003 dirilis. Sejak itu, Word telah merilis versi baru satu demi satu. Versi terbaru dari Microsoft Word adalah 2019. Untuk lebih lengkapnya mari kita bahas!

Versi Microsoft Word 

Tahun

Versi MS Word

Fitur dan Perubahan

1989

MS Word untuk Windows 1.0

Tahap awal Ms Word

1990

MS Word untuk Windows 1.1

Tahap awal

1990

MS Word untuk Windows 1.1a

Tahap awal

1991

MS Word untuk Windows 2.0

Tahap awal

1993

MS Word untuk Windows 6.0

Tahap awal

1995

MS Word untuk Windows 95

Tahap awal

1997

MS Word 97

Perubahan besar dari segi tampilan dan maupun fitur yang disajikan. Mulai dari banyak digunakan di masyarakat.

1998

Microsoft Word 98

Penyempurnaan Word 97.

1999

Microsoft Word 2000

Mempunyai taambahan fitur clipboard untuk penyimpanan sementara saat user melakukan copy, paste, ataupun cut

2001

Microsoft Word 2002

Mempunyai styles untuk bulled list dan table. yang Sudah didukung watermarks di dokumen.

2003

Microsoft Word 2003

Adanya voice comment.

2006

Microsoft Word 2007

Adanya tampilan Ribbon. Fitur SmartArt. Penyesuain tampilan yang signifikan.

2010

Microsoft Word 2010

Mempunyai Backstage view di tab info untuk bisa melihat overview dokumen.

2013

Microsoft Word 2013

Bisa impor file PDF.

2016

Microsoft Word 2016

Terintegrasinya dokumen dengan cloud

2019

Microsoft Word 2019

Versi terbaru saat ini. Sudah support LaTex.

Penutup

Demikian uraian singkat dan rangkuman tentang pengertian, fungsi, dan sejarah Microsoft Word. Kami akan mempelajarinya lebih detail nanti. Aplikasi ini sangat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan untuk pekerja. Fungsinya sangat membantu dalam mencapai tujuan kita.Perangkat lunak ini tidak hanya sering digunakan untuk membantu siswa menyelesaikan tugas sekolah mereka, tetapi juga dapat membantu orang-orang yang perlu menyelesaikan pekerjaan sendiri.

Posting Komentar untuk "Pengertian Microsoft Word Beserta Fungsi, Versi dan Sejarah"