Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Dasar Komputer Yang Harus Dikuasai Guru

6 Dasar Komputer Yang Harus Dikuasai Guru


6 Dasar Komputer Yang Harus Dikuasai Guru. Di masa sekarang era teknologi saat ini, penting bagi banyak orang untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan yang baik di bidang teknologi agar tetap kompetitif dan terdepan. Demikian pula, guru diharapkan memiliki kemampuan menggunakan komputer dan fitur-fitur di dalamnya untuk membantu memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang lebih maju dan modern.

Komputer sangat penting untuk proses pembelajaran, karena merupakan alat yang dapat digunakan untuk memfasilitasi proses belajar mengajar. Ada banyak cara yang dapat dilakukan guru untuk menggunakan komputer untuk membantu mereka mengajar, mulai dari mengerjakan tugas secara online, menemukan materi pembelajaran yang lebih variatif, membuat perangkat pembelajaran yang menarik, dan lain-lain.

Dalam komputer terdapat berbagai aplikasi yang menarik dan bisa dimanfaatkan oleh guru seperti Excel, Microsoft Word, PowerPoint, dan lainnya. Hal itu tentunya akan memudahkan guru dalam mengerjakan tugas dan mengajar.

Misalnya, ketika guru ingin menjelaskan suatu materi pembelajaran, mereka dapat merangkumnya dalam Powerpoint sebagai cara belajar yang lebih menarik. Aplikasi ini memungkinkan guru untuk membuat bahan bacaan lebih menarik bagi siswanya.

Melalui komputer, guru dapat menemukan materi yang mereka butuhkan untuk mengajar, seperti jurnal dan materi pembelajaran lainnya. Guru membutuhkan komputer dan kemampuan untuk menggunakannya untuk membantu siswa belajar.

6 Dasar Komputer Yang Harus Dikuasai Guru

Ada banyak cara untuk belajar menggunakan komputer tanpa harus menghadiri lembaga kursus komputer. Guru dapat bereksperimen dengan fitur-fitur di komputer untuk mempelajari lebih lanjut tentangnya. Berikut 6 Dasar Komputer Yang Harus Dikuasai Guru, yaitu:

1. INTERNET

Sumber informasi utama untuk menemukan jawaban biasanya adalah penelitian. Dengan internet, guru akan dapat menemukan informasi tentang topik yang tidak ditemukan dalam buku. Internet adalah sumber yang luar biasa bagi guru, memberikan banyak jawaban atas pertanyaan yang mungkin mereka miliki. Jika seorang guru ingin membuat makalah atau jurnal online berkualitas tinggi, internet adalah tempat yang tepat untuk memulai.Guru harus mampu memahami dan menggunakan sumber informasi dengan baik agar dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada siswa. Ini akan membantu guru menemukan contoh pertanyaan dan soal.

2. MICROSOFT WORD

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata dan tulisan, yang dapat digunakan untuk penulisan laporan , naskah, karya ilmiah ataupun soal yang harus dikirim dalam bentuk dokumen. Alat ini akan memudahkan guru dalam mengetik, yang akan membuat pekerjaan mereka lebih mudah. Dengan Microsoft Word, guru akan dapat dengan lebih mudah mengerjakannya, tanpa harus menulis dengan tangan. Ini akan membuat pengajaran lebih mudah dan membantu guru tetap up to date dengan teknologi terbaru.Dengan Microsoft Word, guru dapat dengan mudah memperbaiki kesalahan ejaan, karena jika ada kesalahan ejaan, akan muncul garis merah di bawah tulisan. Hal ini akan memudahkan guru untuk mengoreksi kesalahan ketik.

3. Microsoft Excel

Excel lebih cocok untuk menangani data dan angka daripada Word. Tabel dan kolom akan memudahkan guru dalam mencatat data siswa tanpa harus membuat tabel secara manual dengan kertas dan penggaris. Hal ini akan menghemat waktu mereka dan memudahkan mereka dalam mengumpulkan data laporan keuangan, laporan kehadiran, dan lain-lain. Untuk menjadi guru yang sukses, penting untuk memiliki kemampuan ini.Dengan cara ini guru akan dapat meminimalkan jumlah kesalahan yang dilakukan saat mengumpulkan data.

4. Microsoft Power Point

Ada berbagai jenis perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memproses teks atau angka. Salah satu contohnya adalah Microsoft Word yang digunakan untuk mengolah kata, sedangkan contoh lainnya adalah Microsoft Excel yang digunakan untuk mengolah angka. Tahukah Anda mengapa guru harus menguasai Microsoft Power Point? Sistem pendidikan saat ini mengandalkan prosesor dan lebih banyak presentasi.Jadi, penting bagi guru untuk dapat menggunakan Microsoft Power Point secara efektif. Ini akan memudahkan guru untuk membuat template untuk presentasi, atau membuat slide untuk laporan digital. Membuat template presentasi akan mudah jika menggunakan Microsoft Power Point karena memiliki banyak template yang dapat digunakan oleh guru.

5. Mencetak file

Salah satu yang paling penting bagi guru adalah mencetak file. Hal ini karena memungkinkan mereka untuk berbagi informasi dalam bentuk cetak dengan siswa mereka dengan mudah. Beberapa guru harus dapat mencetak file dengan benar, agar dapat mengajar siswa mereka secara efektif. Seorang guru biasanya diminta untuk mencetak dokumen atau file.Beberapa guru diminta untuk mencetak file pada kertas A4, namun beberapa masih mencetaknya pada ukuran kertas yang berbeda. Hal ini dapat membuat laporan terlihat kurang rapi. Oleh karena itu, penting bagi seorang guru untuk dapat mencetak file.

6. Mengetahui cara merawat komputer

Merawat komputer merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki guru, dalam beberapa hal penggunaan komputer dapat sangat bermanfaat untuk pembelajaran. Oleh karena itu sangat penting untuk dapat memelihara komputer, karena jika komputer rusak akan memperlambat guru. menjaga atau memelihara fasilitas atau infrastruktur sekolah. Ini termasuk upaya untuk mendidik generasi mendatang, serta memelihara sistem yang ada. Agar pembelajaran berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan, aturan pembelajaran harus dipatuhi.



Posting Komentar untuk "6 Dasar Komputer Yang Harus Dikuasai Guru"